Menunggu Penetapan 1 Muharram 1434 H

Pemerintah Imbau Tidak Dirayakan Berlebihan

Menunggu Penetapan 1 Muharram 1434 H
Menunggu Penetapan 1 Muharram 1434 H
JAKARTA - Pekan depan umat muslim merayakan tahun baru 1 Muharram 1434 H. Pemerintah optimisi tahun baru kalender hijriyah itu bakal serentak pada Kamis, 15 November. Kementerian Agama (Kemenag) menghimbau perayaan ini dijadikan momentum refleksi bangsa.

Penetapan 1 Muhammar 1433 H tahun lalu sempat tidak kompak antara Muhammadiyah dengan pemerintah. "Untuk tahun baru hijriyah pekan depan, kami optimis serentak. Jika memang nanti berbeda, tidak perlu dibesar-besarkan," tutur Direktur Jenderal Pembinaan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam Kemenag Abdul Jamil kemarin (10/11).

Mantan rektor IAIN Walisongo Semarang itu menuturkan, pemerintah sudah menetapkan akan menggelar rukyah untuk menetapkan jatuhnya 1 Muharram 1434 H. Rukyah ini akan dilaksanakan Rabu petang (14/11) setelah matahari terbenam. Kepastian 1 Muharram masih menunggu hasil rukyah itu.

Namun secara non formal pemerintah sudah menetapkan jika 1 Muharram jatuh pada 15 November. Ini terbukti dengan penentuan perayaan tahun baru Islam yang akan dipusatkan di masjid Istiqlal, Jakarta pada 15 November. "Kita sudah menunjuk Habib Munzir sebagai pemimpin acara. Nanti juga ada zikir massal 5.000 orang," tutur Jamil.

JAKARTA - Pekan depan umat muslim merayakan tahun baru 1 Muharram 1434 H. Pemerintah optimisi tahun baru kalender hijriyah itu bakal serentak pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News