Mesir Kerasi Demonstran

Mesir Kerasi Demonstran
Mesir Kerasi Demonstran
KAIRO - Pemerintah Mesir mulai bersikap keras terkait dengan meluasnya aksi massa anti pemerintahan yang telah memasuki hari kedua. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Mesir mengancam akan memerkarakan mereka yang terlibat dalam pengerahan massa.

"Tidak ada lagi gerakan-gerakan provokatif, protes, demonstrasi, atau long march. Semuanya akan dilarang," tulis pernyataan resmi Kemendagri kemarin (26/1) seperti dilansir Agence France-Presse. "Proses hukum akan diberlakukan kepada siapa pun yang terlibat. Mereka akan diadili," tambah pernyataan tersebut.

Kemendagri juga memerintah polisi membubarkan konsentrasi massa sekecil apa pun jika melihat sinyal akan melakukan demonstrasi. Kemarin ribuan polisi antihuru-hara dikerahkan di sejumlah kota, bukan hanya di Kairo, untuk mencegah demonstrasi.

Ribuan orang bergabung dalam berbagai demonstrasi di seantero Mesir untuk menolak kekuasaan Presiden Hosni Mubarak. Aksi itu disebut-sebut sebagai protes terbesar di Mesir sejak kerusuhan terkait dengan isu roti pada 1977. Protes tersebut diinspirasi Revolusi Melati di Tunisia yang berhasil menjungkalkan Presiden Zine El Abidine Ben Ali setelah berkuasa selama 23 tahun.

KAIRO - Pemerintah Mesir mulai bersikap keras terkait dengan meluasnya aksi massa anti pemerintahan yang telah memasuki hari kedua. Kementerian Dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News