Mesir Tarik Dubes dari Israel

Setelah Lima Polisinya Terbunuh di Perbatasan

Mesir Tarik Dubes dari Israel
Mesir Tarik Dubes dari Israel
KAIRO - Mesir setelah lengsernya Hosni Mubarak bukan lagi tetangga yang manis bagi Israel. Kemarin (20/8) satu di antara dua saja negeri Arab yang memiliki hubungan diplomatik dengan negeri Yahudi tersebut menarik duta besarnya di Tel Aviv, Yasser Reda.

 

Itu dilakukan Kairo sebagai bentuk protes atas terbunuhnya lima polisi Mesir di tangan pasukan Israel Kamis lalu (18/8) di kawasan perbatasan dua negara di Sinai. Kairo menganggap Tel Aviv bertanggung jawab secara legal dan politis atas kejadian tersebut. 

Tel Aviv telah berjanji untuk menginvestigasi secara tuntas insiden tersebut. Namun, Kairo tetap menganggap tetangganya tersebut sudah melanggar kesepakatan damai yang diteken pada 1979. Karena itu, pemerintahan interim Mesir memilih untuk menarik Dubes Reda hingga mendapat penjelasan menyeluruh mengenai penembakan tersebut.

"Israel dan semua negara lain harus paham sekarang bahwa Mesir tak lagi berada di era ketika kami diam saja saat anak-anak kami terbunuh," ujar Amr Moussa, mantan pemimpin Liga Arab yang menjadi salah seorang kandidat kuat presiden Mesir pada pemilu mendatang, seperti dikutip The Guardian.

KAIRO - Mesir setelah lengsernya Hosni Mubarak bukan lagi tetangga yang manis bagi Israel. Kemarin (20/8) satu di antara dua saja negeri Arab yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News