Meski Bawang Putih Aman, Jangan Dikonsumsi Berlebihan

Meski Bawang Putih Aman, Jangan Dikonsumsi Berlebihan
Bawang putih. Foto IST

jpnn.com - Bawang putih telah lama digunakan untuk memerangi virus dan bakteri. Selain itu, bawang putih juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka dan mencegah infeksi.

Meskipun bawang putih memiliki khasiat sebagai antibakteri, tapi Anda tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan. Mengenai ini, sayangnya belum jelas berapa banyak takaran yang aman untuk konsumsi bawang putih.

Sebagian besar penelitian ilmiah telah mempelajari komponen spesifik bawang putih, seperti allicin, dan biasanya menggunakan takaran sebesar 600 mcg/mL dengan tujuan pengobatan. Akan tetapi, jumlah allicin dapat bervariasi, tergantung pada jenis dan bagaimana bawang putih tersebut tumbuh.

Selain itu, terbilang sulit untuk menghitung jumlah bawang putih yang bisa menyamai keampuhan antibiotik. Ini karena antibiotik yang berbeda bisa digunakan pada dosis yang berbeda dan untuk jenis infeksi yang berbeda.

Namun, jika Anda ingin mengonsumsi bawang putih untuk tujuan antibakteri pelindung tubuh, University of Maryland Medical Center, Amerika Serikat, merekomendasikan 2-4 siung bawang putih atau 600-1.200 mg ekstrak bawang putih tua setiap hari.

Meski bawang putih umumnya aman untuk dicerna, tapi konsumsi bawang putih berlebihan bisa menyebabkan pendarahan internal. Dilansir dari Healthline, jika Anda mengonsumsi suplemen yang mengandung bawang putih, pastikan untuk mengikuti dosis yang tertulis di kemasan atau lebih baik lagi sesuai anjuran dokter.

Catatan penting untuk Anda yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah, konsultasikan dulu dengan dokter Anda sebelum menggunakan bawang putih sebagai antiobiotik. Dosis besar bawang putih dapat memperkuat efek dari obat ini.

Nah, itu adalah manfaat dari bawang putih yang memiliki sifat antibiotik. Sekali lagi, meski merupakan bahan alami, tapi Anda perlu mengonsultasikannya dengan dokter Anda sebelum hendak mengonsumsinya. Kombinasikan juga dengan variasi makanan sehat lain yang bergizi seimbang sehingga dampaknya makin optimal.(RN/RVS/klikdokter)


Dilansir dari Healthline, jika Anda mengonsumsi suplemen yang mengandung bawang putih, pastikan untuk mengikuti dosis yang tertulis di kemasan.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News