Militer Mesir Paksa Presiden Mursi Lengser

Militer Mesir Paksa Presiden Mursi Lengser
Presiden Mesir Muhammad Mursi. FOTO: telegraph.co.uk
KAIRO  - Mesir kembali dilanda krisis politik. Presiden Muhammad Mursi yang baru sekitar setahun berkuasa, dipaksa lengser oleh militer, Rabu (3/7) malam waktu setempat.

Lengsernya Presiden Mursi membuat warga Mesir yang menentang kekuasaan presiden pertama hasil pemilihan demokratis di negeri Piramida itu  tumpah ke jalan-jalan untuk meluapkan suka cita. Selanjutnya, Mesir di bawah kendali pemerintahan sementara.

Seiring kudeta yang dilakukan militer di bawah kendali Jenderal Abdel Fatah al-Sisi, Mursi kini diamankan di sebuah barak militer. Sementara tank-tank dan tentara mengamankan area tempat pendukung Mursi dari kelompok Ikhwanul Muslimin berkumpul untuk menentang kudeta.

Mursi secara dramatis dikudeta setelah setahun memimpin Mesir. Ia naik menjadi Presiden Mesir kelima setelah memenangi pemilihan menyusul gejolak pasca-lengsernya Presiden Husni Mubarak, dua tahun silam lewat revolusi Musim Semi yang merebak pada 2011 silam di Jazirah Arab.

KAIRO  - Mesir kembali dilanda krisis politik. Presiden Muhammad Mursi yang baru sekitar setahun berkuasa, dipaksa lengser oleh militer, Rabu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News