Misteri Benda Mirip Kapal yang Karam di Pantai Sukabumi, Diduga Milik Nazi dari Jerman

Misteri Benda Mirip Kapal yang Karam di Pantai Sukabumi, Diduga Milik Nazi dari Jerman
Foto tangkapan layar Google Maps kapal karam di perairan Cisolok Sukabumi. Foto: Diambil dari Radar Sukabumi

jpnn.com, SUKABUMI - Sebuah benda mirip kapal di kawasan Pantai Cibangban, Kabupaten Sukabumi tertangkap foto citra satelit dari Google Maps.

Ragam spekulasi pun menyeruak. Salah satunya adalah dugaan bahwa kapal tersebut milik tentara Nazi dari Jerman.

Ketua Yayasan Dapuran Kipahare, Irman Firmansyah mengatakan bahwa dugaan tersebut bisa saja benar. Namun pihaknya belum mengetahu isecara pasti apa sebenarnya benda yang menyerupai kapal tersebut.

“Dari visualnya mirip kapal selam, kemungkinan kapal selam Jerman U-196 yang sempat hilang di perairan Palabuhanratu. Tapi belum diketahui apa sebenarnya benda yang terlihat seperti kapal karam itu,” kata Irman dilansir Radarsukabumi.com.

Dijelaskan secara ringkas oleh Irman bahwa pada masanya kapal-kapal dari Eropa menggunakan Pantai Pelabuhanratu via jalur laut selatan sebagai tempat untuk berlabuh ke Indonesia.

Hal ini sudah tercatat saat Scipio, orang Eropa yang pertamakali datang ke Pelabuhanratu lewat darat, melakukan survei tahun 1687. Terbukti dengan pembuatan peta pulau Jawa bagian selatan tersebut belum akurat hingga tahun 1700.

“Pembukaan Pelabuhanratu sebagai pelabuhan internasional tahun 1858 memungkinkan banyak kapal dagang masuk ke perairan Pelabuhanratu, namun belum ditemukan informasi tentang tenggelamnya kapal disitu, termasuk saat KPM membuka rute tahun 1901,” papar Irman.

Dari sudut sejarah, Pantai Cikembang sudah dikenal sejak masa VOC sebagai salah satu rute yang dilalui kapal dari Batavia menuju Pelabuhanratu.

Sebuah benda mirip kapal di kawasan Pantai Cibangban Sukabumi tertangkap foto citra satelit dari Google Maps yang hingga saat ini belum terkuak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News