Misteri Gambar Perahu Asal Maluku yang Dilukis di Batu Dipecahkan Oleh Arkeolog Australia

Misteri Gambar Perahu Asal Maluku yang Dilukis di Batu Dipecahkan Oleh Arkeolog Australia
Perahu yang dihias ini berasal dari Kepulauan Maluku dan memiliki desain yang sama dengan gambar yang dilukis di atas batu di kawasan Arnhem Land. (Koleksi: Flinders University)

Para arkeolog yakin mereka sudah menemukan jawaban dari lukisan dua perahu di bebatuan, yang menjadi misteri selama puluhan tahun.

Gambar tersebut ditemukan di dalam sebuah gua di kawasan Arnhem Land, tepatnya di Awunbarna yang juga dikenal sebagai Gunung Borradaile. 

Lukisan tersebut juga dihiasi dengan gambar perahu dari Eropa, senjata, ikan, udang, dan hewan-hewan khas benua Australia.

Namun sejak tahun 1970-an, dua lukisan dari perahu tersebut tampak berbeda dari kacamata para arkeolog barat.

Bulan Mei ini, para peneliti dari Flinders University menerbitkan penemuan mereka yang menunjukkan dua perahu tersebut berasal dari Kepulauan Maluku, yang dulunya dikenal di dunia barat dengan istilah 'Moluccas'.

Para penulis, Dr Mick de Ruyter sebagai pemimpin peneliti, Profesor Daryl Wesley dan Associate Professor Wendy van Duivenvoorde, mengatakan lukisan tersebut memberikan pemahaman lebih dalam soal bagaimana warga Pribumi Australia berinteraksi dengan orang-orang di luar benua Australia.

"Hanya dua perahu ini, yang dengan tiba-tiba, bisa memberikan informasi tambahan soal interaksi orang-orang Pribumi di kawasan Australia utara," ujar Profesor Wesley.

"Australia bukan hanya sebuah daratan yang berdiri sendiri, berada di antah berantah, dan tidak terisolasi selama 65.000 tahun."

Jawaban dari misteri lukisan perahu asal Kepulauan Maluku berhasil dipecahkan oleh tim arkeolog Australia

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News