Misteri Makam Bergaya Eropa di Kuningan yang Sudah Ada Sejak 1912

Misteri Makam Bergaya Eropa di Kuningan yang Sudah Ada Sejak 1912
Makam kuno tempat jenazah Van Beck dikuburkan. Foto: M Taufik/Radar Kuningan

jpnn.com, KUNINGAN - Misteri makam dan bangunan kuno yang berada di pinggir Jalan Raya Cigugur menuju Palutungan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, akhirnya terkuak.

Bangunan yang tepat berada di samping kantor Koramil Cigugur, Kabupaten Kuningan, ternyata makam dari seorang pembesar kolonial Belanda zaman dahulu bernama Van Beck.

Meski terlihat usang, namun bangunan bergaya Eropa dengan tanda salib di beberapa sisinya tersebut masih berdiri kukuh.

Makam yang sudah ada sejak 1912, telah ditetapkan sebagai situs bersejarah di bawah pengelolaan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten.

Keunikan bangunan dan kesan kuno bangunan ini pun kerap dijadikan objek menarik warga untuk berswafoto atau foto preweding.

Sementara di bagian dalam makam, terlihat kondisinya sudah tak terawat. Bahkan beberapa tembok bangunan sudah mengalami rusak dan ambrol ditambah ceceran sampah plastik mengotori sudut makam.

Di bagian luar samping makam Van Beck, terlihat beberapa pemakaman warga Belanda lainnya.

Sedikitnya ada lima makam Belanda di sana, dengan dua di antaranya terukir nama Magdalena dan Lumantow yang meninggal pada 1930-an.

Masyarakat Kabupaten Kuningan banyak yang belum tahu soal makam dan bangunan kuno bergaya Eropa yang terletak di Jalan Raya Cigugur.