MMKSI Optimistis Mitsubishi Xpander 2021 Dapat Insentif Karbon Terbaik

MMKSI Optimistis Mitsubishi Xpander 2021 Dapat Insentif Karbon Terbaik
Mitsubishi Xpander 2021. Foto: ridho/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah tengah menyiapkan skema insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) menjadi pajak karbon.

Hal itu diharapkan bisa mendorong produksi dan ekspor mobil yang rendah emisi.

Menyambut itu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah mengambil langkah konkret guna memastikan lini produknya bisa mendapatkan insentif karbon dengan nilai yang baik.

Salah satu model yang sudah siap untuk perubahan kebijakan insentif pajak karbon itu ialah Xpander dan Xpander Cross.

Kedua model andalan Mitsubishi itu diklaim telah dilengkapi fitur baru pada mesin berupa Exhaust Gas Recirculation (EGR) untuk mengurangi emisi gas buang serta menambah efisiensi bahan bakar.

General Manager Product Strategy Division PT MMKSI, Guntur Harling mengatakan EGR merupakan hal baru pada mesin Xpander 2021 yang menggunakan basis mesin MIVEC DOHC 16 Valve 1.500 cc. Mesin itu juga telah memenuhi standar emisi Euro 4.

"Untuk menghasilkan emisi yang lebih baik, meskipun memakai basis mesin yang sama, tetapi ada sistem yang disematkan, yakni EGR (Exhaust Gas Recirculation), yang membuat exhaust emisi ramah lingkungan dan efisiensi bahan bakar yang maksimal," kata Guntur Harling.

Penggunaan EGR sejalan pula dengan keinginan pemerintah dalam menekan emisi gas buang kendaraan.

Mitsubishi telah mengambil langkah konkret guna memastikan lini produknya bisa mendapatkan insentif karbon dengan nilai yang baik.