JPNN.com

Mobil Esemka Itu Produksi dalam Negeri atau dari Tiongkok sih?

Sabtu, 07 September 2019 – 17:59 WIB
Mobil Esemka Itu Produksi dalam Negeri atau dari Tiongkok sih? - JPNN.com
Andre Rosiade. Foto: Aristo Setiawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota terpilih DPR RI Andre Rosiade penasaran, pengin mendapatkan pencerahan dari Presiden Jokowi terkait mobil Esemka.

Setelah Jokowi meresmikan pabrik Esemka (PT Solo Manufaktur Kreasi) di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9) kemarin, marak komentar yang mempertanyakan produk tersebut asli Indonesia atau bukan.

Mobil Esemka disebut-sebut diproduksi di Tiongkok, perusahaan dalam negeri hanya sebatas merakit. "Mohon maaf pak @jokowi. Saya mau tanya kok mobil Esemka yang pabriknya diresmikan kemarin mirip dengan mobil produk Cina alias Tiongkok? Apakah ini produksi dalam negeri atau merakit mobil dari Tiongkok tapi dikasih merk Esemka," kata dia di akun @andre_rosiade, Sabtu (7/9).

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra ini berharap Jokowi memberikan penjelasan. "Mohon pencerahannya Pak @jokowi," tutur Andre.

Jokowi sendiri kemarin memastikan bahwa pengembangan industri mobil Esemka itu dilakukan investor tanpa campur tangan pemerintah. "Enggak ada, ini adalah akan lebih baik kalau perusahaan swasta, ya mandiri. Berani berkompetisi. Akan bisa survive kalau punya produksi baik. Memang punya keunggulan, ini brand dan principal Indonesia," katanya. (fat/adk/jpnn)

BACA JUGA: Esemka Bakal Dijadikan Mobil Nasional? Jokowi Bilang Begini

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...