Mobil Terbang Akan Diuji Coba di IKN Pada 2024

Mobil Terbang Akan Diuji Coba di IKN Pada 2024
Mobil terbang Hyundai. Foto: Hyundai

jpnn.com, JAKARTA - Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Prof. Mohammed Ali Berawi mengatakan uji coba mobil terbang akan dilakukan di IKN pada 2024.

"Jadi nanti juga ada tes ujinya di IKN, rencananya pada 2024," ujar Prof. Ali saat berbincang di Jakarta, Selasa (30/11).

Prof. Ali mengatakan OIKN dan Hyundai Motor Group menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk bekerja sama membangun ekosistem mobilitas cerdas Advanced Air Mobility (AAM) di Indonesia.

Menurut Prof. Ali, kerja sama itu bertujuan untuk mengembangkan mobil terbang.

Pengembangan tersebut menjadi yang pertama kalinya bagi Indonesia, sementara di dunia konsep mobil terbang juga masih dalam pengembangan.

"Jadi, ini udah ada tahap-tahapnya mulai dari joint study, joint research, ini kami lakukan untuk menjadi salah satu pusat pengembangannya," kata Prof. Ali.

Dia juga mengatakan mobil terbang menyerupai sebuah drone yang dapat berisi penumpang dan barang. Salah satu fungsinya adalah untuk lebih mudah menjangkau daerah-daerah yang sulit ditempuh melalui jalan darat dan perbukitan.

Teknologi mobil terbang itu pun belum diproduksi secara massal sehingga masih membutuhkan berbagai pengembangan.

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Prof. Mohammed Ali Berawi mengatakan uji coba mobil terbang akan dilakukan di IKN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News