Mobile Internet Device Serbu Pasar 2011

Mobile Internet Device Serbu Pasar 2011
Mobile Internet Device Serbu Pasar 2011
JAKARTA - Pasar industri teknologi informasi (TI) bakal terkerek pada tahun 2011. Diprediksi, kenaikan tersebut bakal disumbang dari kedatangan produk mobile internet device (MID). Saat ini, sejumlah vendor global maupun lokal tengah gencar menawarkan produk MID seperti tablet. Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) optimistis, produk tersebut bakal bisa diterima semua segmen pengguna TI.

Menurut ketua umum DPP Apkomindo Suhanda Wijaya, penetrasi produk TI di pasaran kian gencar pada tahun depan. Bukan termasuk kategori notebook maupun netbook, tapi produk tersebut biasa dikenal dengan nama MID. "Yakni, seperti produk tablet keluaran beragam vendor baru-baru ini. Malah, produk tersebut bisa jadi alternatif pilihan bagi para pengguna," kata dia kemarin (15/11).

Dia mengatakan, dominasi produk notebook dan netbook memang tidak bisa dikalahkan. Tapi produk MID bisa memperbesar segmen pengguna IT di tanah air karena harga yang ditawarkan lebih terjangkau. Saat ini di pasar dunia, MID memang tengah booming. Sebab, sejumlah vendor besar mulai membidik pasar tersebut. Seperti iPad keluaran Apple dan Galaxy Tab milik Samsung.

"Di Indonesia, mereka akan gencar pada tahun depan. Semua vendor global dan lokal akan menyasar ke pasar tersebut," ucapnya. Dikatakan Suhanda, produk itu juga bakal diminati terutama pengguna dengan mobilitas tinggi tapi tetap butuh entertainment. "Mereka yang gemar games dan chatting akan memilih produk MID. Yang pasti, MID tidak akan menyaingi keberadaan smartphone atau ponsel pintar," kata dia.

JAKARTA - Pasar industri teknologi informasi (TI) bakal terkerek pada tahun 2011. Diprediksi, kenaikan tersebut bakal disumbang dari kedatangan produk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News