Model Transparansi Pendanaan Parpol ala PSI

Model Transparansi Pendanaan Parpol ala PSI
Ketua Umum PSI, Grace Natalie. Foto JPNN.com

jpnn.com - JawaPos.com JAKARTA - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melakukan terobosan dalam tradisi kepartaian. Lewat website kitabisa.com, partai yang mengikrarkan diri sebagai pergerakan anak muda ini menggalang dana.

Sudah ada Rp 3.018.641 dari 14 donatur yang terkumpul sejak dibuka empat hari yang lalu. Dana ini memang masih kecil dari uang yang dibutuhkan untuk acara Kopi Darat Nasional 2015 yang akan digelar 16 November mendatang di Jakarta dari total Rp 300 juta. Kopi Darat sendiri akan membahas tema terkait dengan pembangunan bangsa.

"Memang masih kecil, namun ini adalah cara pengumpulan dana yang baru, terobosan anak-anak muda PSI dalam menggalang dana ini harus diapresiasi sebagai model transparansi pendanaan partai politik," kata Ketua Umum PSI, Grace Natalie dalam keterangan persnya, Senin (2/11).

Grace menjelaskan, gerakan pengumpulan dana yang dilakukan PSI merupakan upaya membangun tradisi partai baru dengan gaya politik yang juga baru. Aksi ini juga kata dia, sebagai komitmen PSI yang melakukan kampanye di media sosial dengan berbagai tema dan gaya yang berbeda dengan partai kebanyakan.

Di Facebook resmi PSI, terlihat komentar dan apresiasi public sangat positif dengan terobosan baru PSI tersebut. Sekitar 462 komentar positif PSI dapatkan, dan 8000 orang lebih memberikan jempol tanda memuji langkah PSI mengumpulkan dana.

“PSI akan terus mengetuk pintu-pintu orang baik di Indonesia, ayo jangan diam, sekarang saat yang tepat untuk terus menyuarakan perubahan, dukung kami anak-anak muda dan perempuan untuk mengambil posisi dalam politik nasional,” kata Grace.

Sementara itu, Sekjen PSI, Raja Juli Antoni mengatakan bahwa dana yang terkumpul dari publik akan mudah diawasi dan pertanggungjawabannya pun akan transparan.

"Kami berpikir jika kami mengumpulkannya dari public, otomatis public akan melakukan pengawasan kepada kami, orang baik dukung partai baik, partai baik transparan pada publik,” kata Raja Antoni. (awa/jpnn)  

JawaPos.com JAKARTA - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melakukan terobosan dalam tradisi kepartaian. Lewat website kitabisa.com, partai yang mengikrarkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News