Modifikasi Lima Bentuk Soal Unas

Modifikasi Lima Bentuk Soal Unas
Modifikasi Lima Bentuk Soal Unas
JAKARTA- Untuk mengantisipasi kecurangan, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) berencana untuk memodifikasi soal-soal Ujian Nasional (Unas) hingga ke dalam lima bentuk soal. "Modifikasi hingga lima soal ini merupakan kali pertamanya di Indonesia," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Kementerian Pendidikan Nasional (Balitbang Kemdiknas), Mansyur Ramli.

Mansyur mengakui, tidak mudah untuk memodifikasi lima bentuk soal ujian ini. Apalagi, dalam proses percetakannya. Untuk itu, khusus untuk percetakannya, Mansyur menekankan agar percetakannya yang mencetak soal-soal Unas harus terlebih dahulu lolos verifikasi. "Karena soal seperti ini harus dicetak oleh percetakan yang berpengalaman," ujarnya.

Seperti pada pelaksanaan ujian nasional sebelumnya, Mansyur juga menekankan bahwa pengawasan Unas kali ini akan berjalan ketat. Pengawasan akan  melibatkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Kemdiknas, Kepolisian dan Tim Pengawas Independen. "Jika dilihat dari pengalaman tahun sebelumnya banyak soal Unas yang tertukar, antara isi dan amplop tidak sesuai. Maka itu tahun ini harus ekstra teliti," ujarnya.

Pelaksanaan Unas Tahun Pelajaran 2010/2011 jenjang SMA/Madrasah Aliyah/ SMK akan dilakukan pada  18-21 April 2011. Sedangkan Unas untuk SMP/MTs dan SMPLB dilakukan pada  25-28 April 2011. Sementara itu, Unas Susulan SMA/MK, SMALB, dan SMK digelar pada 25-28 April 2011 dan Unas Susulan SMP/MTs dan SMPLB pada 3-6 Mei 2011. Pengumuman kelulusan paling lambat minggu ketiga bulan Juni 2011.  (Cha/jpnn)

JAKARTA- Untuk mengantisipasi kecurangan, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) berencana untuk memodifikasi soal-soal Ujian Nasional (Unas)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News