Monumen Tugu Khatulistiwa Direnovasi, Pemkot Menargetkan Selesai Akhir Tahun Ini

Monumen Tugu Khatulistiwa Direnovasi, Pemkot Menargetkan Selesai Akhir Tahun Ini
Tugu Khatulistiwa yang berlokasi di Pontianak Utara sedang dilakukan renovasi. (Foto ANTARA/HO-Jimi)

jpnn.com - PONTIANAK - Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat, merenovasi monumen Tugu Khatulistiwa. Renovasi dilakukan karena beberapa bagian di dalam museum monumen, terutama di bawah, rusak dan mengalami kebocoran. 

“Kami sudah mulai melakukan renovasi bangunan monumen Tugu Khatulistiwa,” kata Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono saat meninjau pengerjaan renovasi Tugu Khatulistiwa, Selasa (27/9). 

Dia menjelaskan bahwa renovasi mencakup pergantian keramik, memperbaiki beberapa bagian yang bocor termasuk penataan interior ruang museum agar lebih menarik dan nyaman. "Insyaallah bulan Desember tahun ini rampung pengerjaannya," kata Edi.

Selain ruang museum monumen, penataan juga dilakukan terhadap lingkungan kawasan Tugu Khatulistiwa.

Pemkot Pontianak merapikan beberapa bangunan yang ada di lokasi itu, dan juga objek wisata di Tugu Khatulistiwa dengan pusat informasi bagi turis atau pengunjung.

"Pusat informasi ini sebagai sarana informasi dan administrasi dari pengelolaan lingkungan tugu," ungkapnya.

Dia menambahkan tahun depan pihaknya akan melanjutkan pembangunan di lokasi Tugu Khatulistiwa dengan menata keseluruhan kawasan tugu, seperti plaza, amphitheatre, parkir dan pusat kuliner termasuk pepohonan untuk penghijauannya.

“Kami harapkan bangunan ini bisa menjadi monumental dan mempunyai nilai yang sangat tinggi untuk citra Kota Pontianak," katanya.

Pemkot Pontianak merenovasi monumen Tugu Khatulistiwa Pontianak. Renovasi ditargetkan selesai akhir tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News