JPNN.com

Moses Mabhida Lebih Nyaman

Sabtu, 19 Juni 2010 – 01:46 WIB
Moses Mabhida Lebih Nyaman - JPNN.com
STADION - Salah satu sudut Stadion Moses Mabhida, Durban, dengan Skycar-nya yang sedang tak beroperasi. Foto :Dani Nur Subagyo/Jawa Pos.
DURBAN - Dibanding Stadion Soccer City di Johannesburg, lokasi Stadion Moses Mabhida di Durban lebih strategis. Soccer City terletak agak jauh dari jantung kota, sedangkan Moses Mabhida dekat, sehingga bangunan stadion itu mudah dilihat ketika keliling menyusuri kota.

Di areal sekitar Moses Mabhida juga lebih mudah ditemui beberapa fasilitas yang dibutuhkan penonton. Misalnya saja toilet. Di Soccer City, sulit sekali mencari toilet. Dengan demikian, pengunjung stadion harus bisa menahan buang air kecil. Kalau betul-betul tak tahan, terpaksa sembunyi-sembunyi mencari tempat yang pas.

Di Moses Mabhida, mudah mendapati toilet darurat yang dirancang mudah dipindahkan. Meski begitu, toilet tersebut layak untuk digunakan. Tiap satu unit toilet terdapat empat kamar. Masing-masing dilengkapi WC duduk. Hanya, kadang tissue sering habis dan tidak ada airnya. Tapi, setidaknya, sudah disiapkan toilet khusus, sehingga penonton tak perlu menahan kencing atau kencing sembarangan.

Selain fasilitas toilet khusus, di area sekitar Moses Mabhida juga disiapkan telepon umum yang didesain mobile. Ada enam bilik di telepon umum itu yang dibikin bolak-balik (tiga bilik di bagian depan, tiga bilik di baliknya). Sebagian menggunakan koin, sebagian lagi dengan kartu. Dari pengamatan Jawa Pos, di sekitar Moses Mabhida terdapat enam unit toilet umum, dan tiga unit telepon umum yang disambungkan dengan kabel panjang.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ito