Kamis, 22 Agustus 2019 – 16:39 WIB

Mosi Tidak Percaya Bakal Sia-sia

Kamis, 07 Oktober 2010 – 20:40 WIB
Mosi Tidak Percaya Bakal Sia-sia - JPNN.COM

JAKARTA - Pengamat Politik dari Geschelschaft fuer Technische Zusammenarbeit (GTZ), Cecep Effendy, menilai mosi tidak percaya yang digulirkan anggota Komisi III bakal sia-sia. Alasannya, mosi tidak bisa dilaksanakan karena isunya tidak subtantif dan tidak mendapat dukungan luas.

"Yang mereka gugat itu adalah pimpinan DPR, yang notabene merupakan pimpinan partai yang memang sudah dipercaya partai menduduki posisi pimpinan DPR. Apakah kelas anggota-anggota komisi III itu sanggup menggusur wakil ketua dewan Pembina, Sekjen, Pimpinan DPP? Sementara mereka baik (anggota Komisi III) di DPR maupun di partai adalah anggota biasa," kata Cecep di Jakarta, Kamis (7/10).

Sebaiknya, lanjut Cecep, gugatan dan mosi diarahkan ke calon Kapolri. "Kalau mau menggugat sebaiknya dalam hal pencalonan Kapolri, mengenai kualitas orang yang dicalonkan.” tandasnya.

Mosi yang digulirkan Komisi III juga dinilai Cecep sangat aneh karena melaporkan sendiri pimpinannya. Apalagi mosi itu mempersoalkan pertemuan Pimpinan DPR dengan calon Kapolri, sementara Komisi III sendiri sering melakukan pertemuan dengan pihak lain.

Cecep mencontohkan pertemuan antara Komisi III DPR dengan pengusaha Harry Tanoesudibyo terkait masalah sengketa kepemilikan TPI. "Bagaimana kalau Pimpinan DPR berprasangka buruk pada mereka (Komisi III)? Tentunya mereka (pipinan DPR) juga bisa melakukan langkah serupa terhadap anggota komisi III," ulasnya.

Menurut Cecep, dalam prakteknya penggunaan mosi tidak percaya di banyak negara memang dimungkinkan. Hanya saja, katanya, hal yang perlu diperhatikan bahwa mosi yang diusung kalangan Komisi III DPR itu tidak realistis. "Kalau tidak (realistis), hanya menambah hiruk pikuk politik di tanah air saja yang memang sudah hiruk pikuk," pungkasnya.(awa/fas/jpnn)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar