MoU TKI Tak Terpengaruh Konflik

MoU TKI Tak Terpengaruh Konflik
MoU TKI Tak Terpengaruh Konflik
JAKARTA -- Pemerintah Indonesia melanjutkan pembahasan nota kesepahaman (MoU) mengenai pengiriman pekerja migran (TKI) dengan Malaysia. Menakertrans Muhaimin Iskandar menargetkan MoU itu akan tuntas pekan depan. "Insyaallah selesai akhir Agustus nanti," katanya kemarin (21/8).

Muhaimin optimistis MoU itu tidak terpengaruh oleh krisis dan konflik perbatasan di antara kedua negara akhir-akhir ini.  Alasan yang menguatkan MoU adalah kedua negara sama-sama membutuhkan dan ingin segera melanjutkan pengiriman TKI.

Pemerintah berdalih segera menuntaskan MoU demi menghindari makin banyaknya pekerja ilegal yang masuk ke Malaysia. Meskipun ada moratorium (penghentian pengiriman) sejak Juni 2009, ribuan pekerja rumah tangga kerap masuk Malaysia melalui "lubang tikus" di perbatasan.

Dalam nota kesepahaman itu, terang Muhaimin, kedua negara menetapkan sejumlah kesepakatan. Antara lain, soal paspor yang akan dipegang pekerja, libur sehari dalam sepekan, biaya penempatan, dan standar upah.

JAKARTA -- Pemerintah Indonesia melanjutkan pembahasan nota kesepahaman (MoU) mengenai pengiriman pekerja migran (TKI) dengan Malaysia. Menakertrans

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News