JPNN.com

MPR Minta Tambah Alat Pelindung Diri untuk Petugas Medis Hadapi Corona

Jumat, 20 Maret 2020 – 22:50 WIB
MPR Minta Tambah Alat Pelindung Diri untuk Petugas Medis Hadapi Corona - JPNN.com
Ilustrasi - Simulasi penanganan pasien terinfeksi virus corona di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Foto : Antara /Sumarwoto

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi dan mendukung rencana pemerintah yang  sedang merancang insentif bagi tenaga medis sepeti dokter, perawat, dan pekerja di lingkungan rumah sakit.

Hal ini dilakukan pemerintah sebagai apresiasi terhadap tenaga medis yang bekerja di lini depan untuk merawat pasien Covid-19.

"Saya mengapresiasi dan mendukung rencana tersebut, dikarenakan petugas medis sebagai garda terdepan dalam memberikan pertolongan bagi warga yang terjangkit virus Covid-19," kata Bambang, Jumat (20/3).

Mantan wakil ketua DPR itu berharap pemerintah dapat segera menetapkan besaran insentif yang akan diberikan. Sebagaimana Pemerintah Daerah (Pemda) DKI  Jakarta yang juga memberi insentif bagi petugas medis sebesar Rp 215 ribu.

Dia juga mendorong  pemerintah dapat menambah segera sarana dan prasarana, seperti alat pelindung diri (APD) bagi petugas medis, termasuk sopir ambulans.

"Karena, kalau hal tersebut tidak dipenuhi akan sangat riskan bagi petugas medis yang menangani virus Covid-19," tegasnya.

Wakil ketua umum Partai Golkar itu juga mendorong pemerintah dalam hal ini, Kementerian Kesehatan  mempertimbangkan kesehatan para tenaga medis. Caranya, dengan menambah petugas medis atau kesehatan di setiap RS rujukan.

"Sehingga dapat meringankan beban petugas kesehatan, di samping memberikan kepastian bagi manajemen penggantian shift dan tenaga relawan," ungkap Bamsoet. (boy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy