Mudahkan MBR Punya Rumah, BTN Siap Dukung Skema KPR Rent to Own

Mudahkan MBR Punya Rumah, BTN Siap Dukung Skema KPR Rent to Own
Bank BTN. Foto dok BTN

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk siap mendukung program KPR Rent to Own kelompok rumah subsidi, bernama Staircasing Shared Ownership.

Melalui skema tersebut, masyarakat berpenghasilan rendah bisa memiliki hunian dengan biaya awal yang lebih terjangkau dan secara bertahap menyesuaikan dengan kemampuan ekonomi mereka.

Direktur Consumer BTN Hirwandi Gafar mengatakan Staircasing Shared Ownership (SSO) merupakan perpaduan antara skema sewa dan kepemilikan.

SSO tersebut bisa digunakan untuk memiliki hunian yang berbentuk bangunan bertingkat seperti rumah susun.

Sehingga, melalui SSO, masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) bisa memiliki hunian di lokasi yang strategis, namun dengan pembayaran yang lebih terjangkau sesuai dengan kemampuan ekonominya.

“Staircasing Shared Ownership juga menjadi jawaban agar pembiayaan perumahan masyarakat berpenghasilan rendah tidak selalu membebani APBN. BTN siap mendukung skema ini sehingga mempermudah masyarakat Indonesia untuk memiliki rumah,” jelas Hirwandi dalam acara Hari Puncak Creative Infrastructure Financing (CreatIFF) 2022 di Auditorium Kementerian PUPR di Jakarta, Kamis (1/12).

Hirwandi menuturkan hingga kini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah banyak mendukung perumahan bagi MBR.

Di antaranya yakni program subsidi bunga, subsidi uang muka, Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), hingga Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT).

BTN siap mendukung skema ini sehingga mempermudah masyarakat Indonesia untuk memiliki rumah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News