Mungkinkah Rp 20 Triliun dari APBN untuk Pesantren?

Mungkinkah Rp 20 Triliun dari APBN untuk Pesantren?
CIUM TANGAN: Seorang santri mencium tangan KH Ma'ruf Amin saat mengunjungi Pondok Pesantren Al Masthuriyah, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (19/12). Foto: TKN Jokowi - Ma'ruf

jpnn.com, JAKARTA - Cawapres nomor urut 01 Ma’ruf Amin menegaskan komitmennya memperhatikan pendidikan pesantren. Dia mengusulkan pengalokasian dana Rp 10 triliun sampai Rp 20 triliun dari APBN khusus untuk lembaga pendidikan Islam itu.

Janji tersebut diucapkan Ma’ruf saat menghadiri silaturahmi bersama alim ulama dan tokoh masyarakat Tanara di Pondok Pesantren An-Nawawi, Tanara, Serang, Banten, Selasa (19/2). ’’Itu sudah saya sampaikan sebelum saya ditunjuk sebagai cawapres,’’ terang dia.

Menurut dia, APBN Indonesia mencapai Rp 2.000 triliun. Sebanyak 20 persen diperuntukkan bagi pendidikan. Kalau dinominalkan, jumlahnya sekitar Rp 400 triliun.

BACA JUGA: Tanggapan Sinis Ma'ruf soal Ahmad Dhani yang Klaim jadi Gusdurian

’’Apa tidak mungkin Rp 10 triliun sampai Rp 20 triliun bisa diperuntukkan pendidikan pesantren?’’ katanya.

Mantan rais am PB NU itu mengungkapkan bahwa Jokowi memberikan perhatian besar kepada pesantren, santri, dan ulama. Salah satu contohnya adalah menetapkan Hari Santri Nasional. Setelah ini juga akan disahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pesantren.

Dengan peraturan baru itu, pesantren bakal semakin mendapat perhatian. ’’Pesantren akan dapat dana dari APBN,’’ ungkap mantan anggota DPR itu.

Ma’ruf menyatakan optimistis bisa memenangkan perolehan suara bersama Jokowi di tingkat nasional. Namun, dia belum yakin bisa menang di wilayah Banten. Untuk itu, dia sangat mengharapkan dukungan dari masyarakat Banten. ’’Kalau orang Banten nggak dukung orang Banten, itu kelewatan,’’ sindirnya.

Cawapres Ma’ruf Amin mengusulkan pengalokasian dana Rp 10 triliun sampai Rp 20 triliun dari APBN untuk pesantren.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News