Musdah Mulia dan Eka Budianta Raih Penghargaan Satupena Awards 2022

Musdah Mulia dan Eka Budianta Raih Penghargaan Satupena Awards 2022
Satupena memberikan penghargaan kepada dua penulis Indonesia yang dianggap berdedikasi. Mereka yakni Musdah Mulia dan Eka Budianta. Foto dok Satupena

jpnn.com, JAKARTA - Satupena memberikan penghargaan kepada dua penulis Indonesia yang dianggap berdedikasi. Mereka yakni Musdah Mulia untuk kategori non-fiksi dan Eka Budianta untuk kategori fiksi.

Ketua Umum Satupena Denny JA menjelaskan, tradisi memberikan penghargaan kepada para penulis berdedikasi merupakan bagian dari gerakan literasi, menghidupkan Indonesia juga sebagai negara budaya.

Penetapan penulis berdedikasi dilakukan melalui proses seleksi, penilaian serta penjurian berjenjang selama tiga bulan oleh dewan juri yang terdiri dari para penulis dan pengurus Satupena dari Aceh hingga Papua.

Musdah Mulia dipilih karena dedikasinya sebagai penulis buku yang mencerahkan untuk tema emansipasi wanita, dengan perspektif tafsir agama secara modern.

Musdah aktif  juga di berbagai organisasi perempuan, dan juga organisasi profesi, seperti Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) dan Women Shura Council (Majelis Perempuan Ulama berpusat di New York).

Dia bersama K.H Abdurrahman Wahid, Djohan Effendi dan sejumlah pemuka agama lainnya juga mendirikan ICRP (Indonesian Conference on Religions for Peace).

Atas dedikasinya, Musdah kerap meraih sejumlah penghargaan nasional dan internasional.

Sementara itu, Eka Budianta karena dedikasinya di dunia sastra.

Satupena Awards 2022 memberikan penghargaan kepada dua penulis Indonesia yang dianggap berdedikasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News