Muslimin, Masih Muda, Peternak Ayam Kampung, Punya Omzet Rp 165 Juta per Bulan

Muslimin, Masih Muda, Peternak Ayam Kampung, Punya Omzet Rp 165 Juta per Bulan
Regenerasi petani dan peternak menjadi perhatian besar Kementan. Foto: kiriman dari BPPSDMP

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) menjadikan regenerasi petani sebagai perhatian besar, dalam menyiapkan sumber daya manusia pertanian yang andal dan mampu berdaya saing.

Upaya yang dilakukan Kementan tersebut tidak sia-sia, hal ini dibuktikan dengan banyaknya petani serta pengusaha milenial (startup) yang siap untuk melanjutkan tongkat estafet pembangunan pertanian.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyatakan bahwa peningkatan peran generasi muda pertanian dalam mengembangkan dan memajukan sektor pertanian, agar lebih prospektif dan berpeluang ekspor perlu diprioritaskan, sehingga dibutuhkan petani-petani muda yang memberikan kontribusi dalam gerakan pembaruan pembangunan pertanian.

“Saya makin percaya anak muda yang mau terjun di bidang pertanian bisa punya peluang kehidupan dan ekonomi yang lebih baik. Apalagi dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia, maka dunia dalam genggaman kalian," ujar SYL saat mengukuhkan Duta Petani Milenial dan Petani Andalan beberapa waktu lalu.

Hal tersebut dipertegas kembali oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi yang menyampaikan regenerasi petani sudah sangat mendesak untuk dilakukan.

"Mau tidak mau, suka tidak suka, mampu tidak mampu, harus dilakukan regenerasi petani kepada petani milenial dan petani andalan. Karena petani milenial dan petani andalan sebetulnya yang paling berperan sangat strategis di dalam pembangunan pertanian Indonesia," tegas Dedi.

Dalam menghadapi situasi di tengah wabah COVID-19 ini, Dedi menegaskan pertanian merupakan garda terdepan pencegahan infeksi COVID-19, karena berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat.

Dedi menyebutkan salah satu petani milenial yang tetap eksis di tengah wabah COVID-19 adalah Saefuddin Muslimin, pemilik Permata Farm yang bergerak di bidang peternakan ayam kampung dan petelur di Kota Makassar dan Kabupaten Soppeng.

BPPSDMP mengapresiasi Saefuddin Muslimin, petani atau peternak dari kalangan milenial yang eksis di tengah wabah COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News