Nadiem Makarim Sampaikan Pengumuman Penting untuk Seluruh Guru

Nadiem Makarim Sampaikan Pengumuman Penting untuk Seluruh Guru
Mendikbudristek Nadiem Makarim. Foto tangkapan layar YouTube Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengumumkan bahwa Indonesia kini memiliki guru penggerak. Dia berharap para guru penggerak tidak pernah ragu menggerakkan perubahan dan menghadirkan terobosan untuk menjadi pemimpin pembelajaran yang merdeka.

“Selamat kepada para guru atas keberhasilannya menjadi guru penggerak," kata Nadiem Makarim saat menutup program pendidikan Guru Penggerak Angkatan 1, Rabu (15/9). 

Pelaksanaan pendidikan Guru Penggerak Angkatan 1 telah berjalan sejak Oktober 2021 dan selesai pada 28 Agustus 2021.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Iwan Syahril menginformasikan bahwa calon guru penggerak ada yang lulus dengan predikat amat baik sebesar 94,84 persen.

Kemudian predikat baik sebesar 4,33 persen. Selanjutnya, predikat cukup sebesar 0,58 persen, predikat sedang sebesar 0,12 persen dan predikat kurang sebesar 0,12 persen.

“Calon guru penggerak yang lulus dengan berbagai predikat tersebut berjumlah 2.395 dan yang tidak lulus berjumlah 6 orang CGP. Selamat kepada yang telah lulus dari pendidikan Guru Penggerak,” katanya.

Kebijakan Merdeka Belajar Episode 5 yang bertajuk Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadikan guru sebagai pemimpin dalam pembelajaran.

Keluaran dari program Pendidikan Guru Penggerak adalah yang bisa menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid dan menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik. 

Nadiem Makarim mengumumkan Indonesia saat ini sudah memiliki guru penggerak yang akan membawa perubahan dalam dunia pendidikan.