Nah Loh, Penyebar Video Hoaks Longsor Besar di Panggul Trenggalek Diburu Polisi

Nah Loh, Penyebar Video Hoaks Longsor Besar di Panggul Trenggalek Diburu Polisi
Foto tangkapan layar video kerusakan rumah akibat longsor yang awalnya dinarasikan terjadi di wilayah Panggil, Trenggalek, Jawa Timur (ANTARA/HO - foto warga)

jpnn.com, TRENGGALEK - Video longsor besar di wilayah pesisir selatan Panggul, Trenggalek, Jawa Timur yang menyebabkan puluhan rumah rusak dan viral dalam beberapa hari terakhir adalah berita bohong atau hoaks.

Polres Trenggalek menyesalkan peredaran video tersebut dan mencari penyebarnya.

Selain menyesatkan, video itu juga membuat warga resah.

"Itu video hoaks. (Saat ini) di wilayah Panggul tidak ada sama sekali rumah-rumah rusak akibat longsor seperti disebutkan di video itu," kata Kepala Seksi Humas Polres Trenggalek Iptu Siswanto, Selasa.

Dia mengatakan video yang sempat ramai dibahas di media sosial Trenggalek itu merupakan potongan video yang disadur dari peristiwa bencana di lain daerah.

Kendati dalam narasi suara disebutkan di Jalur Panggul terjadi longsor, namun sejatinya itu gambar di daerah berbeda dengan waktu kejadian telah lampau.

"Tidak ada peristiwa di Panggul dengan dampak kerusakan seperti itu,” tandasnya.

Sebelumnya, potongan video singkat yang memperlihatkan kondisi infrastruktur jalan hingga permukiman warga rusak parah akibat bencana alam tanah longsor beredar luas.

Video hoaks longsor di wilayah pesisir selatan Panggul, Trenggalek menyesatkan dan membuat warga resah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News