Nelayan Binaan Pupuk Kaltim Ikuti Sertifikasi Menyelam

Nelayan Binaan Pupuk Kaltim Ikuti Sertifikasi Menyelam
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) menggelar pelatihan dan sertifikasi menyelam untuk sembilan nelayan binaan dari kelompok Kimasea, Loktuan, Bontang Utara. Foto dok PKT

jpnn.com, KALIMANTAN TIMUR - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) menggelar pelatihan dan sertifikasi menyelam untuk sembilan nelayan binaan dari kelompok Kimasea, Loktuan, Bontang Utara.

Kegiatan berlangsung selama empat hari, mulai 9-13 November 2021, bekerjasama dengan Profesional Association of Diving Instructor (PADI) dari Bali.

VP CSR PKT Anggono Wijaya menjelaskan pelatihan dan sertifikasi menyelam dilakukan untuk mendukung perluasan program terumbu buatan PKT, khususnya monitoring dari Kelompok Kimasea.

Hal ini merupakan bagian dari peningkatan kompetensi dan kemampuan nelayan binaan, sehingga optimalisasi program dapat tercapai secara maksimal.

Melalui bekal pelatihan dan sertifikasi, nelayan binaan didorong untuk mampu melakukan pemantauan sederhana dan monitoring perkembangan terumbu buatan dengan baik, sehingga potensi kerusakan terumbu oleh beragam faktor bisa diantisipasi.

Apalagi dengan perluasan penurunan terumbu setiap tahun, kemampuan nelayan binaan untuk melakukan perawatan hingga monitoring perlu ditingkatkan agar kesinambungan ekosistem perairan Bontang semakin terjaga.

“Menyelam perlu bekal serta pengetahuan khusus yang wajib dipenuhi. Untuk itu, pelatihan dan sertifikasi perlu dilakukan bagi nelayan binaan,” tutur Anggono.

Dari pelatihan ini, nelayan binaan diharap bisa melakukan aktivitas penyelaman sesuai ketentuan, serta memperhatikan aspek keselamatan agar tidak menimbulkan risiko dalam memantau perkembangan terumbu buatan.

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) menggelar pelatihan dan sertifikasi menyelam untuk sembilan nelayan binaan dari kelompok Kimasea, Loktuan, Bontang Utara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News