NTB Salah Satu Lumbung Pangan Nasional

NTB Salah Satu Lumbung Pangan Nasional
Para petani Kelompok Tani So Pali di Desa Soro Barat, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu, menggelar konsolidasi untuk merumuskan berbagai program peningkatan produktivitas pertanian. Foto: Dok. Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Provinsi Nusa Tengara Barat (NTB) salah satu lumbung pangan nasional. Indikatornya bisa terlihat dari meningkatnya produktivitas para petani secara signifikan.

Setahun silam, Kementerian Pertanian di bawah komando Menteri Syahrul Yasin Limpo mengucurkan bantuan Rp 120 miliar untuk pembangunan pertanian di NTB.

"Kami ingin memperkuat pertanian di NTB dan berkontribusi pada ketahanan pangan nasional," ujar SYL -sapaan Syahrul Yasin Limpo- melalui keterangan tertulisnya di Jakarta.

SYL menegaskan bahwa penguatan pertanian di NTB menjadi agenda yang amat strategis.

Pasalnya, NTB memiliki berbagai komoditas strategis yang menopang ketahanan pangan nasional. Selain padi, juga ada komoditas unggulan seperti jagung, bawang putih, bawang merah dan sapi.

"Maka dari itu, program-program yang bersifat penguatan kapasitas SDM penyuluh maupun petani terus kami masifkan," jelasnya.

"Termasuk penguatan kelembagaan kelompok tani, itu sangat penting dalam merumuskan perencanaan program supaya lebih maksimal," lanjut SYL.

Di Desa Soro Barat, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu, para petani yang tergabung ke dalam Kelompok Tani So Pali menggelar konsolidasi.

Provinsi NTB jadi salah satu lumbung pangan nasional. Indikatornya bisa terlihat dari meningkatnya produktivitas para petani secara signifikan.