Nuh Bilang Kebocoran Soal Hanya Isu

Nuh Bilang Kebocoran Soal Hanya Isu
Nuh Bilang Kebocoran Soal Hanya Isu
BOGOR - Laporan kecurangan pelaksanaan ujian nasional (UN) 2011 yang masuk ke call centre panitia pusat UN ditanggapi dingin Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh. Mantan Menteri Kominfo itu menepis dugaan kecurangan UN. Ia menyebut hal semacam itu selalu berembus tiap tahun.

Nuh menegaskan, informasi kebocoran soal dan beredarnya jawaban di sekolah-sekolah hanya isu. Karena itu, Mendiknas mengimbau seluruh peserta UN tidak terpengaruh. "Kalau ada gawe besar seperti UN ini, ada saja. Jangan terpengaruh isu bocoran soal," tukas Nuh saat inspeksi mendadak (sidak) di SMAN 1 Kota Bogor, Selasa (19/4).

Mantan Menteri Komunikasi dan Informasi yang didampingi Sekdakot Bogor Bambang Gunawan dan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Aim Halim Hermana menyatakan, peluang kebocoran soal atau kecurangan UN sangat kecil. Sebab, soal UN terdiri dari lima paket. Masing-masing soal yang dikerjakan peserta UN berbeda, sehingga tidak mungkin melakukan kecurangan. "Kalau mau dapat bocoran, peserta harus dapat lima paket soal sekaligus, paket A sampai E. Belum lagi kalau mereka dapat soal cadangan. Jadi, akan sangat sulit mendapatkan kunci jawaban," katanya.

Nuh juga yakin pelajar di Kota Bogor tak akan melakukan kecurangan. Karena ia melihat persiapan sudah sangat matang. Terlebih mereka juga telah dibekali ketakwaan yang mantap. "Ini seperti narkoba, jangankan membeli, diberi saja mereka menolak," tegasnya.

BOGOR - Laporan kecurangan pelaksanaan ujian nasional (UN) 2011 yang masuk ke call centre panitia pusat UN ditanggapi dingin Menteri Pendidikan Nasional…