Nurul Arifin, Ikang, Andre Hehanusa, Gagal ke Senayan

Nurul Arifin, Ikang, Andre Hehanusa, Gagal ke Senayan
Nurul Arifin. Foto: dok.JPNN

BANDUNG - Popularitas yang cukup baik di masyarakat tidak menjamin calon anggota legislatif lolos sebagai wakil rakyat. Inilah yang terjadi pada sejumlah caleg artis dan ternama asal daerah pemilihan Jawa Barat.
    
Berdasarkan hasil rekapitulasi suara tingkat nasional di Jabar yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Jabar, 22-24 April kemarin, sejumlah caleg artis dan ternama diprediksi kalah bersaing dengan politisi 'sesungguhnya'.

Di dapil Jabar I yang meliputi Kota Bandung dan Cimahi, aktor Sandy Nayoan (PKB) dan mantan juara dunia bulu tangkis, Ricky Subagja (NasDem), harus rela melepaskan impiannya menjadi legislator.
    
Sedangkan penyanyi senior, Ikang Fawzi (PAN) dan Andre Hehanusa (Hanura), gagal bersaing di dapil Jabar II yang meliputi Kabupaten Bandung dan Bandung Barat. Caleg artis pun banyak yang bertumbangan di dapil Jabar III yang meliputi Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor.
    
Nama-nama seperti Ressa Herlambang (PKB), Melly Manuhutu dan Inke Maris (NasDem), serta Henidar Amroe (PAN) diprediksi gagal menjadi wakil rakyat. Tidak hanya itu, nama-nama beken seperti Yessy Goesman(PDIP), Donny Damara (NasDem), Ratih Sanggarwati (PPP), Derry Drajat (Gerindra), dan Liza Natalia (PAN) pun diprediksi gagal.
    
Bahkan, artis yang pada periode sebelumnya lolos menjadi anggota parlemen, kini hanya bisa gigit jari meratapi kegagalannya. Mereka ialah Inggrid Kansil (Demokrat), Nurul Arifin dan Teti Kadi, keduanya merupakan anggota DPR RI periode 2009-2014 dari Partai Golkar.
    
Namun, di antara banyaknya artis yang gagal pada Pileg 2014 ini, terdapat juga nama-nama beken asal dapil Jabar yang diprediksi kembali sukses melenggang ke Senayan.

Mereka ialah Rieke Diah Pitaloka (PDIP), Rachel Maryam (Gerindra), dan Primus Yustisio (PAN). Selain itu, terdapat juga dua artis yang untuk pertama kalinya akan dilantik sebagai wakil rakyat, yakni Junico BP Siahaan (PDIP), dan Oni S (caleg DPD).(agp)

Artis dan Politisi Beken yang Diprediksi Gagal di Pileg 2014:

1.Sandy Nayoan (PKB)
2.Ricky Subagja (NasDem)
3.Ikang Fawzi (PAN)
4.Andre Hehanusa (Hanura)
5.Ressa Herlambang (PKB)
6.Melly Manuhutu (NasDem)
7.Inke Maris (NasDem) 8.Henidar Amroe (PAN)
9.Yessy Goesman (PDIP)
10.Donny Damara (NasDem)
11.Ratih Sanggarwati (PPP)
12.Derry Drajat (Gerindra)
13. Liza Natalia (PAN)
14.Inggrid Kansil (Demokrat)
15.Nurul Arifin (Golkar)
16.Teti Kadi (Golkar)

Sumber: KPU Jabar


BANDUNG - Popularitas yang cukup baik di masyarakat tidak menjamin calon anggota legislatif lolos sebagai wakil rakyat. Inilah yang terjadi pada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News