Obama Ingin AS Nomor 1 di Indonesia

Obama Ingin AS Nomor 1 di Indonesia
INA-USA : Presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengunjungi Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, di Istana Merdeka, Selasa (9/11). Foto: Mustafa Ramli/Jawa Pos -Pool
JAKARTA - Amerika Serikat berambisi menggantikan posisi Tiongkok dan Jepang sebagai negara dengan investasi paling besar di Indonesia. Presiden AS Barack Obama berharap negaranya bisa melipatgandakan kerjasama investasi dan perdagangan.

"Kami nomor 3 sekarang. Dan kami tidak suka nomor 3. Kami akan menjadi nomor 1," kata Obama dalam jumpa pers bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Merdeka, Jakarta, kemarin.

Saat ini, Tiongkok makin dominan dalam berinvestasi di Indonesia. Di sisi neraca perdagangan, impor dari Tiongkok juga terus meningkat. AS juga belum bisa mengalahkan dominasi Jepang di Indonesia.

Selain kerjasama ekonomi antarkedua negara, AS dan Indonesia juga akan bekerjasama secara multilateral di forum G-20. "Sekarang kelihatannya banyak pekerjaan yang dilakukan, dan saya akan bertemu dengan Presiden SBY di Seoul untuk membicarakan salah satu kunci perangsang pertumbuhan ekonomi," kata Obama.

JAKARTA - Amerika Serikat berambisi menggantikan posisi Tiongkok dan Jepang sebagai negara dengan investasi paling besar di Indonesia. Presiden AS

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News