Olahan Ikan Laut Bantu Meningkatkan Imunitas

Olahan Ikan Laut Bantu Meningkatkan Imunitas
Masakan olahan ikan. Foto mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ikan laut kaya akan kandungan asam lemak esensial omega 3 dan omega 6, vitamin D, protein khususnya bioaktif peptida, hingga asam amino (glutamat dan asam glutamin).

Sedangkan rempah–rempah kaya minyak atsiri yang banyak memiliki manfaat, di antaranya anti peradangan dan juga kaya antioksidan sinergis.

Formula ikan kaya rempah yang diperkaya dengan cadangan Glutamat dan Glutamin dari MSG sangat tepat menjadi teman kuliner untuk memperkuat imunitas atau kekebalan tubuh. Formula ini terdiri dari kaldu ikan kaya rempah dan pekatan ikan kaya rempah.

Kaldu ikan dibuat dari daging ikan dan sedikit campuran tulang. Pertama, rendam semuanya di perasaan air jeruk nipis untuk mengurangi bau amis.

Lalu, cuci bersih kembali. Selanjutnya, sayur–sayuran khas kaldu seperti bawang bombay, wortel dan seledri diiris tipis–tipis beserta rempah utama yang terdiri dari jahe, sereh, kayumanis, kapulaga dan cengkeh.

Kemudian semuanya direbus dan dimasak di suhu di bawah 100 derajat celsius atau simmering selama 30 menit.

Hal ini agar zat gizinya tidak hilang dan kandungan kolagen dari tulang terekstrak, sehingga memperkaya rasa dan nilai gizinya.

Nah, pekatan ikan dibuat dari dagingnya, tulang, dan bagian kepala yang bersih. Setelah itu, dihidrolisis dengan enzim bromelin dari nanas muda agar terpecah menjadi asam amino.

Pekatan ikan disaring dan ditambah garam yang bisa menjadi pengawet alami dan MSG sebagai tambahan sumber asam Glutamat dan Glutamin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News