Omicron Merajalela, Pekerja Migran Indonesia di Hong Kong Merasa Terpenjara

Omicron Merajalela, Pekerja Migran Indonesia di Hong Kong Merasa Terpenjara
Para pekerja migran Indonesia di Hong Kong membantu sesama yang terkena virus COVID di sana. (Supplied)

Sejak awal Februari, kasus COVID di Hong Kong terus melonjak dan pemerintah sudah mengungkapkan rencana untuk melakukan tes massal sebanyak tiga kali untuk sekitar 7,4 juta warga yang tinggal di sana.

Pada awal Februari jumlah kasus di sana hanya berkisar 100 per hari namun sekarang dalam sepekan terakhir kasus bergerak di kisaran 30 ribu sampai 50 ribu per hari.

Angka tertinggi sejauh ini adalah 56.827 kasus pada tanggal 3 Maret lalu. 

Angka kematian juga meningkat dengan kematian tertinggi 287 orang pada tanggal 7 Maret. Jumlah keseluruhan yang meninggal sejauh ini di Hong Kong adalah 2.300 orang.

Pemerintah Hong Kong belum mengumumkan kapan tes massal tersebut akan dilakukan namun beberapa pejabat sudah menyerukan agar warga tidak panik.

Beberapa supermarket sudah diserbu oleh pembeli panik yang membeli berbagai keperluan rumah tangga karena mengantisipasi bakal adanya lockdown.

Warga di kawasan yang sekarang berada di bawah pemerintahan Tiongkok tersebut mengkhawatirkan adanya 'lockdown' karena disebutkan bahwa selama masa tes sepanjang 9 hari warga dilarang untuk meninggalkan kediaman mereka.

Sri Martuti yang sudah bekerja di Hong Kong selama 12 tahun berharap kemungkinan ini tidak terjadi.

Di tengah meningkatnya kasus COVID di Hong Kong, pemerintah setempat berencana melakukan tes massal dan warga dilarang ke luar rumah

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News