JPNN.com

Ongkos Haji 2012 Tergantung Avtur

Jumat, 27 Januari 2012 – 09:12 WIB
Ongkos Haji 2012 Tergantung Avtur - JPNN.com
Ongkos Haji 2012 Tergantung Avtur
JAKARTA – Pemerintah sampai saat ini belum dapat menetapkan biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2012. Pasalnya, penentuan akhir biaya itu menunggu kalkulasi beban transportasi, yang sangat dipengaruhi oleh harga avtur pesawat.

Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali mengungkapkan, secara teknis penentuan BPIH 2012 tidak ada hambatan. Hanya menunggu perkembangan akhir biaya penerbangan. Itu berarti harus melakukan perhitungan detil. ”Fuel pesawat itu berkaitan dengan situasi di Timur Tengah. Ketegangan di sana bisa memicu kenaikan harga bahan bakar. Ini yang masih coba diprediksikan,” tuturnya di kantornya Jakarta, Kamis (26/1).

Menurutnya, situasi politik, keamanan dan lainnya yang terjadi di Timur Tengah terus dipantau. Beberapa faktor lain pun ikut dimonitoring, terutama pada negara yang menjadi rute pengiriman bahan bakar. Jika situasi politik di negara itu cukup memanas, secara otomatis mempengaruhi pengiriman bahan bakar.

Secara ekonomis pun terjadi peningkatan harga pasar minyak. ”Pesawat nasional pun ikut terpengaruh. Kalkulasi biaya pun mau tidak mau terpengaruh. Jadi belum bisa difinalkan BPIH 2012 ini, masih menunggu,” ungkap politisi PPP ini.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo