Optimalkan Potensi Wisata Papua, Sandiaga Dorong Menteri Nadiem Hadirkan Poltekpar

Optimalkan Potensi Wisata Papua, Sandiaga Dorong Menteri Nadiem Hadirkan Poltekpar
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Foto: Dok Antara

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ingin mengoptimalkan pembangunan industri pariwisata di Papua. Salah satunya dengan mendorong hadirnya sekolah pariwisata atau Politeknik Pariwisata (Poltekpar) di sana.

Untuk mempercepat hadirnya Poltekpar di Papua, di sela kunjungan kerjanya kr Provinsi tertimur di Indonesia itu, Sandiaga langsung menghubungi Menteri Pendidikan Nadiem Makarim.

"Kita gercep dan konkret saja. Langsung menelepon bro menteri Nadiem Makarim untuk mendorong segera hadirnya Poktekpar di Papua," kata Sandiaga dalam keterangannya, Kamis (23/9/2021).

Sandiaga memgatakan, potensi pariwisata di Papua sangat luar biasa. Namun demikian potensi itu belum dikembangkan secara optimal lantaran keterbatasan sumber daya manusia (SDM) di sana.

Dalam pembicaraan itu, Sansdiaga mengajak Menteri Nadiem untuk berkunjung ke Papua untuk melihat langsung betapa saat ini SDM yang berkualitas dibutuhkan untuk menggarap potensi yang ada.

"Anda harus ada di sini untuk melihat pariwisata di sini sangat potensial tapi SDM nya tidak mendukung. Dan konsep merdeka belajar yang anda usung dengam berbagai uoskilling itu cocok diterapkan di sini," kata Sandiaga.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Mas Menteri itu berharap akan segera tercipta SDM yang berkualitas dan berdaya saing di Papua untuk mengelola kekayaan sumber daya alam yang luarbiasa sehingga lapangan kerja tercipta seluas-luasnya.

"Mohon doa dan dukungannya karena ini sebagai bentuk keseriusan kami memberikan perhatian dan menghadirkan pemerataan pendidikan serta ekonomi di timur Indonesia, Papua tercinta," kata Sandiaga.(dkk/jpnn)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ingin mengoptimalkan pembangunan industri pariwisata di Papua. Salah satunya dengan mendorong hadirnya sekolah pariwisata atau Politeknik Pariwisata (Poltekpar) di sana.