OSO: Hanya Jokowi yang Datangi Hutan Terbakar

OSO: Hanya Jokowi yang Datangi Hutan Terbakar
Oesman Sapta Odang. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - PONTIANAK - Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang (OSO) menyatakan sudah 10 tahun peristiwa kebakaran hutan dan lahan terjadi di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Menurut OSO, baru sekarang ini saja sejumlah kawasan hutan dan lahan terbakar didatangi langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Sudah 10 berturut-turut selalu begini. Baru Presiden Jokowi yang langsung turun ke lapangan mendatangi sejumlah titik api dan asap di Sumatera dan Kalimantan. Itu yang dibutuhkan rakyat,” kata OSO, di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (23/10).

Anehnya, lanjut OSO, ketika seorang presiden telah berkali-kali mendatangi lokasi kebakaran hutan dan lahan, Jokowi malah dituding sebagai pihak yang harus bertanggung jawab.

“Ini logikanya dimana? Emang siapa yang memberikan izin lahan perkebunan, lalu dengan sekejap Jokowi dituntut untuk tanggung jawab,” ujar senator asal Kalimantan Barat ini.

OSO menegaskan pihaknya tidak dalam kapasitas menyatakan Presiden Jokowi sudah berhasil menghilangkan api dan asap.

“Tapi dalam sejarah negeri ini, belum pernah presiden mendatangi masyarakat ketika asap mengepungnya. Hanya Presiden Jokowi yang melakukan itu,” katanya.(fas/jpnn)


PONTIANAK - Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang (OSO) menyatakan sudah 10 tahun peristiwa kebakaran hutan dan lahan terjadi di Pulau Sumatera dan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News