Pabrik Printer Epson Mulai Gunakan Listrik Terbarukan Biomassa

Pabrik Printer Epson Mulai Gunakan Listrik Terbarukan Biomassa
Seiko Epson Corp mengumumkan listrik yang digunakan di salah satu anak perusahaan manufaktur printer PT Indonesia Epson Industry (IEI). Foto: Epson

jpnn.com, JAKARTA - Seiko Epson Corp mengumumkan listrik yang digunakan di salah satu anak perusahaan manufaktur printer PT Indonesia Epson Industry (IEI) mulai sekarang menggunakan listrik terbarukan dari sumber energi biomassa.

Transisi ke listrik terbarukan itu terjadi setelah kesepakatan yang ditandatangani pada Juli lalu dengan pemasok listrik lokal.

Mereka baru saja mulai beralih dari batu bara ke energi biomassa.

IEI, yang merupakan pelanggan pertama perusahaan listrik mengubah ke biomassa, menggunakan sekitar 37 GWh listrik per tahun.

Perusahaan itu akan membutuhkan sekitar 22.828 ton bahan bakar biomassa per tahunnya. 

Energi yang digunakan untuk pembangkit listrik berasal dari sumber energi alam termasuk cangkang sawit yang terbentuk dari banyaknya pohon-pohon sawit di daerah tersebut. 

Cangkang sawit dihasilkan setelah kelapa sawit diekstraksi dan sebelumnya dianggap sebagai limbah. 

"Kami bangga dapat menyelesaikan transisi ke bahan bakar biomassa,” kata Presiden IEI Emile Pattiwael dalam keterangan tertulisnya, Selasa (20/9).

Seiko Epson Corp mengumumkan listrik yang digunakan di salah satu anak perusahaan manufaktur printer PT Indonesia Epson Industry (IEI).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News