PADANG: Bakteri dan Rhodamin dalam Makanan

Hasil Sidak BPOM ke Pasa Pabukoan RTH

PADANG: Bakteri dan Rhodamin dalam Makanan
PADANG: Bakteri dan Rhodamin dalam Makanan
PADANG - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Padang menemukan makanan mengandung bakteri pada jajanan dan zat berbahaya pada makanan yang dijual di pasar pabukoan. Bahan-bahan makanan tersebut jika dikonsumsi akan menyebabkan penyakit kanker. Sementara Dinas Pasar berjanji akan memberikan tindakan tegas pada pedagang yang menjual makanan berbahaya itu.

"Dari hasil pemeriksaan awal yang kami lakukan ternyata masih ditemukan bakteri pada makanan yang dijual pedagang. Bakteri ini disebabkan pedagang tidak menjaga kebersihan dari kualitas makanan. Kami menemukan angka lempengnya sekitar 10 pangkat 5. Artinya makanan yang disajikan kualitas kebersihannya masih rendah," kata Kasi Layanan Informasi Konsumen BPOM Padang, Syahrial, kepada wartawan, Rabu (11/8).

Ia menyebutkan uji tahap awal masih ditemukan makanan yang mengandung boraks dan rhodamin pada panganan yang diperjualbelikan. Jika makanan tersebut berwarna pink, maka makanan itu terindentifikasi mengandung rhodamin B. Rhodamin B berbahaya untuk kesehatan manusia.

"Biasanya zat pewarna itu susah hilangnya dan digunakan untuk tekstil. Rata-rata Rhodamin itu ada pada es buah yang dijual pedagang," tuturnya.

PADANG - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Padang menemukan makanan mengandung bakteri pada jajanan dan zat berbahaya pada makanan yang dijual

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News