Pak Ganjar Berharap Penyintas Covid-19 yang Telah Sembuh bisa Mendonorkan Plasma untuk Pasien Lain

Pak Ganjar Berharap Penyintas Covid-19 yang Telah Sembuh bisa Mendonorkan Plasma untuk Pasien Lain
Ilustrasi petugas laborat menunjukkan proses pemilahan plasma darah. Foto: Destyan Sujarwoko/Antara

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap semakin banyak penyintas Covid-19 yang sembuh dan mau mendonorkan plasma konvalesen untuk membantu pasien lain yang sedang berjuang sembuh dari virus tersebut.

Hal itu disampaikan Ganjar usai mendapatkan pesan dari salah satu teman gowesnya, dr Khoirul Hadi SpKK, yang saat ini terbaring di ICU RSUD dr Moewardi Solo lantaran positif Covid-19.

"Dokter Hadi itu dokter yang cukup aktif. Dia yang membuat alat UV yang waktu itu saya diminta untuk pakai. Beliau sudah cerita sejak awal bagaimana kami harus menyikapi. Nah ternyata dia positif dan dia membuka diri," kata Ganjar saat ditemui di Rumah Dinas Puri Gedeh.

Ganjar menuturkan, dr Hadi mengirimkan sebuah video untuk disampaikan kepada publik. Video tersebut kemudian diunggah oleh Ganjar di akun media sosialnya.

Dalam video tersebut dr Hadi menjelaskan bagaimana kondisinya saat masuk ke ruang ICU sampai kondisi terkini setelah menerima dua kali donor plasma konvalesen.

"Kemarin cerita sudah disuntikkan plasma konvaselen itu dan merasa baik maka dia mengirim videonya untuk disampaikan ke publik. Minta ke saya agar ajak orang untuk berdonor. Saya kira ide itu bagus maka saya unggah dan jadi ramai," tutur Ganjar mengenai pesan dari dokter Hadi.

Setelah video itu diunggah, Ganjar mendapatkan banyak komentar positif dari warganet. Bahkan ada yang mengaku sebagai salah seorang penyintas dan ingin menyumbangkan darah untuk diambil plasma konvaselen ya.

"Tadi ada yang bilang pernah positif (Covid-19) dan mau mendonorkan. Posisinya tidak di Jateng, di luar Jateng sepertinya. Kalau serius nanti akan disiapkan dan kami juga ajak komunikasi untuk menyiapkan semuanya. Kalau itu bisa berjalan akan menjadi cukup bagus," ungkap Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap plasma konvalesen dari penyintas covid-19 yang sembuh bisa membantu pasien lain yang masih berjuang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News