Pak JK Meminta Pengusaha Membantu Percepatan Pemulihan Korban Gempa Cianjur

Pak JK Meminta Pengusaha Membantu Percepatan Pemulihan Korban Gempa Cianjur
Ketua Umum PMI M. Jusuf Kalla meninjau lokasi yang dibangun tempat penampungan air bersih di Kabupaten Cianjur, Jabar untuk bisa digunakan para penyintas gempa. ANTARA/HO-Humas PMI Pusat

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum Palang Merah Indonesia M. Jusuf Kalla atau Pak JK meminta para pengusaha di tanah air ikut membantu mempercepat pemulihan korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

Pak JK mengatakan bahwa saat ini operasi penanggulangan gempa Cianjur fokus pada pemulihan penyintas bencana. Menurut dia, partisipasi dari banyak pihak akan mempercepat pemulihan Cianjur pascagempa.

“Maka dari itu, kami minta para pengusaha di Indonesia untuk turut membantu percepatan pemulihan itu," katanya saat menerima sejumlah donasi dari kalangan koorporasi di Markas Pusat PMI Jalan Gatot Subroto, Kavling 96, Mampang, Jakarta Selatan di Jakarta, Senin (5/12).

Menurut Pak JK,  PMI telah memberikan pelayanan darurat kepada para penyintas di Cianjur.  Selanjutnya, uluran tangan dari berbagai elemen, khususnya pengusaha atau badan usaha, sangat berarti untuk mempercepat proses pemulihan.

Peran PMI seperti dua tangan, yakni menerima donasi kemudian menyalurkan kembali kepada masyarakat seperti penyintas gempa di Cianjur.

PMI yang memiliki segudang pengalaman membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana, secara profesional akan terus menyalurkan bantuan baik dalam bentuk barang maupun pelayanan.

Selain itu, PMI sudah menyiapkan rencana operasi untuk enam bulan mendatang yang fokus utamanya untuk mempercepat pemulihan serta membangun hunian sementara bagi penyintas khususnya mereka yang rumahnya rusak berat atau ambruk serta tidak bisa dihuni kembali.

Selain itu, pelayanan darurat seperti distribusi paket makanan, air bersih, paket kebersihan serta perlengkapan bayi untuk penyintas juga masih terus dilakukan para sukarelawan yang tergabung dalam lembaga kemanusiaan terbesar di Indonesia ini.

Jusuf Kalla atau Pak JK meminta para pengusaha Indonesia membantu percepatan pemulihan gempa Cianjur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News