Pak Jokowi, Ini Permintaan Masyarakat Aceh Singkil

Pak Jokowi, Ini Permintaan Masyarakat Aceh Singkil
Ketua Forum Cinta Damai Aceh singkil (Forcidas) Boas Tumangger (tengah). FOTO: DOK.PRI for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Ketua Forum Cinta Damai Aceh singkil (Forcidas) Boas Tumangger mengharapkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta jajaran pemerintah pusat agar meminta bupati Aceh singkil mengizinkan untuk mendirikan rumah ibadat.

“Sudah lama kami meminta izin mendirikan gereja di daerah Aceh Singkil tapi sampai saat ini belum juga diizinkan,” kata Boas Tumangger usai bertemu Wakil Ketua DPD RI< Gusti Kanjeng Ratu Hemas, Kamis (21/1).

Menurut Boas, pihaknya telah mengirimkan surat kepada Presiden Jokowi dengan tembusan surat kepada Mendagri, Menkumham, Pimpinan DPR, Pimpinan DPD RI, Pimpinan Komisi II, III dan VIII.

“Kami Orcidas yang mewakili 17.200 jiwa mengharapkan pemerintah pusat ikut campur dalam perizinan mendirikan gereja,” kata Boas.

Boas Tumangger berharap pemerintah bisa menjamin warganya untuk menjalankan ibadah sesuai UUD 1945 Pasal 29 menyatakan Negara Menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan untuk beribadat menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

“Kami sudah melakukan pendekatan dengan baik dengan pemerintah daerah tapi belum juga terealisasi, karena begitu lama kami perjuangkan belum juga diizinkan maka kami minta pemerintah pusat turun tangan sehingga kami sebagai warga negara yang tinggal di daerah Kabupaten Aceh Singkil Propinsi Aceh bisa menjalankan ibadat seperti masyarakat umum lainnya,” kata Boas.

Menurut Boas, Forum Cinta Damai Aceh Singkil tidak mau berulang kejadian pembakaran satu unit gereja Huria Kristen Indonesia tanggal 13 oktober 2015 yang lalu. “Kami, yakin pelaku kerusuhan itu adalah oknum bukan dilakukan oleh kelompok agama tertentu,” tegas Boas.

Dalam kesempatan itu, Boas juga meminta Pengurus Pusat Pemuda Katolik untuk mendukung perjuangan yang dilakukan Forum Cinta Damai Aceh Singkil.

JAKARTA – Ketua Forum Cinta Damai Aceh singkil (Forcidas) Boas Tumangger mengharapkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta jajaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News