Pak Jokowi Nilai Ekonomi Global Seperti Kisah Film Ini

Pak Jokowi Nilai Ekonomi Global Seperti Kisah Film Ini
Presiden Jokowi berpidato pada World Economic Forum (WEF) on ASEAN, di National Convention Center, Hanoi pada Rabu (12/9). Foto: Setpres RI

jpnn.com, HANOI - Presiden Joko Widodo menyebut kondisi perekonomian dunia saat ini menuju ‘perang yang tak terbatas' atau 'infinity war'. Dia mengambil cerita film 'Avengers: Infinity War' di mana sosok bernama 'Thanos' mengancam memusnahkan setengah populasi bumi.

Nah, Presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi, menyatakan dirinya dan sesama rekan ‘Avengers' lainnya siap untuk mencegah hal tersebut terjadi.

"Thanos ingin memusnahkan setengah populasi karena dia percaya sumber daya planet bumi terbatas,” ujar Presiden Ketujuh RI itu dalam pidatonya di World Economic Forum (WEF) on ASEAN di National Convention Center, Hanoi, Rabu (12/9).

Pak Jokowi Nilai Ekonomi Global Seperti Kisah Film Ini

Namun, menurut Jokowi, pada kenyataannya sumber daya untuk umat manusia tidak terbatas. Perkembangan teknologi misalnya, telah menghasilkan peningkatan efisiensi, dan memberi kita kemampuan untuk memperbanyak sumber daya menjadi lebih banyak dari sebelumnya.

“Penelitian ilmiah membuktikan, ekonomi kita sekarang lebih 'ringan' dalam hal berat fisik dan volume fisik. Dalam 12 tahun terakhir, total berat dan volume televisi, kamera, pemutar musik, buku, surat kabar, dan majalah telah tergantikan oleh ringannya ponsel pintar dan tablet,” tutur suami Iriana.

Presiden juga memberikan contoh bagaimana pembangkit listrik berbahan bakar batubara yang besar dan berat, sudah mulai diganti oleh panel surya yang tipis dan ringan.

Di depan sejumlah pimpinan negara yang hadir, dia juga memaparkan bahwa sudah saatnya peningkatan ekonomi didorong bukan lagi dari sumber daya alam, melainkan sumber daya manusia yang tidak terbatas.

Presiden Jokowi menyebut kondisi perekonomian dunia saat ini menuju ‘perang yang tak terbatas' (infinity war). Dia mengambil cerita film 'Avengers: Infiny War'.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News