Pak Jokowi, Please Bebaskan Bu Siti Fadilah dari Bui untuk Hadapi Pandemi Corona

Pak Jokowi, Please Bebaskan Bu Siti Fadilah dari Bui untuk Hadapi Pandemi Corona
Siti Fadilah Supari, saat meningalkan KPK, Selasa (10/1) siang. Foto: M. Kusdharmadi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Suara-suara yang meminta Presiden Joko Widodo segera membebaskan mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari dari penjara terus menggema. Di laman change.org terdapat petisi yang meminta Presiden Ketujuh RI itu membebaskan Siti dari bui seiring pandemi virus corona (COVID-19) yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia.

Seseorang yang mengaku bernama dr. Nyoman Kusuma sebagai pembuat petisi itu menyatakan, kini saatnya pemerintah, TNI, Polri dan seluruh masyarakat bersatu melawan wabah virus corona. Menurut dia, Siti yang menjabat Menkes RI 2005-2009 punya pengalaman mengatasi pandemi flu burung H5N1 dan flu babi.

“Pengalaman dan keahlian Siti Fadilah sebagai menteri kesehatan dalam mengatasi ancaman politik pandemi flu burung dan pandemi flu babi sangat berharga dan dibutuhkan saat ini oleh bangsa dan negara yang sedang menghadapi wabah corona,” tulis Nyoman di laman change.org.

Nyoman menuturkan, Siti tak hanya berhasil melindungi rakyat Indonesia dari pandemi flu burung, tetapi juga mengoreksi kekeliruan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).Namun, saat ini Siti hanya bisa memantau perkembangan penanganan wabah COVID-19 dari balik tembok penjara Lapas Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Lebih lanjut Nyoman mengatakan, saat ini usia Siti sudah lebih dari 70 tahun. Kelompok usia itu tergolong rentan dari sisi kesehatan, apalagi di dalam penjara saat ada pandemi virus corona.

Menurut Nyoman, sungguh sayang jika pemerintah tidak memanfaatkan pengalaman dan keahlian dokter penulis buku Saatnya Dunia Berubah! Tangan Tuhan di Balik Virus Flu Burung itu dalam membendung pandemi COVID-19. “Kami berharap Siti Fadilah segera dibebaskan dan bisa membantu pemerintah, agar kita bisa lebih cepat mengalahkan wabah corona,” pinta Nyoman.

Petisi Bebaskan Siti Fadilah Supari muncul di laman change.org sekitar tiga hari lalu. Hingga Jumat (3/4), sudah lebih dari 7.000 warganet mendukung petisi itu.

Salah satu pihak yang getol menyuarakan pembebasan Siti adalah mantan Wakil Ketua DPR fahri Hamzah. Politikus yang dikenal vokal itu meyakini Siti bukanlah koruptor, melainkan pahlawan.

Suara-suara yang meminta Presiden Joko Widodo segera membebaskan mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari dari penjara terus menggema.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News