Pakai REC PLN, Danau Toba Jadi Destinasi Pariwisata Berbasis Energi Hijau Pertama di Indonesia

Pakai REC PLN, Danau Toba Jadi Destinasi Pariwisata Berbasis Energi Hijau Pertama di Indonesia
Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba menjadi pertama di Indonesia yang dipasok dari energi bersih PLN. Foto dok PLN

jpnn.com, DANAU TOBA - Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Jimmy Bernando Panjaitan menjelaskan Danau Toba akan tampil beda dengan pasokan energi hijau.

Pasalnya, Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba menjadi pertama di Indonesia yang dipasok dari energi bersih PLN.

Melalui 10 megawatt hour (MWh)  Renewable Energy Certificate (REC), DPSP Danau Toba telah siap menjadi tujuan wisata yang turut mengurangi emisi karbon.

Dipastikan dengan penggunaan energi hijau promosi pariwisata Danau Toba di mata dunia jauh lebih meningkat.

“Penggunaan REC bukan hanya keuntungan bagi pengelola, tapi experience dari wisatawan untuk ikut berkontribusi dalam menjaga lingkungan. Ke depannya, seluruh kawasan ini juga akan mengusung green energy sustainable lewat kendaraan listrik,” ujar Jimmy

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, Tonny Bellamy mengatakan Sumatera Utara memiliki potensi green energy terbesar di Indonesia.

PLN berkomitmen untuk terus meningkatkan potensi untuk dimaksimalkan agar target Net Zero Emission (NZE) dapat dicapai pada 2060.

“PLN siap mendukung program pemerintah NZE di tahun 2060, hingga kini Realisasi bauran energi baru terbarukan di Sumatera saat ini sudah mencapai 40,06% dan kami akan terus berupaya meningkatkan bauran tersebut sesuai dengan potensi sumber daya alam di wilayah tersebut," tutur Tonny.

Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba menjadi pertama di Indonesia yang dipasok dari energi bersih PLN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News