Pakubuwono X Ditetapkan Jadi Pahlawan Nasional

Hari Ini, SBY Anugrahkan Gelar

Pakubuwono X Ditetapkan Jadi Pahlawan Nasional
Pakubuwono X Ditetapkan Jadi Pahlawan Nasional
JAKARTA - Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional dalam peringatan Hari Pahlawan, 10 November. Hari ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan menyematkan gelar pahlawan tersebut kepada sejumlah tokoh di Istana Negara.

"Besok (hari ini, Red) presiden akan menyematkan tanda gelar pahlawan," kata Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha di Bina Graha, kompleks Istana Kepresidenan, kemarin (7/11). Namun dia enggan memberikan bocoran siapa tokoh yang akan mendapatkan gelar pahlawan nasional itu.

Termasuk apakah mantan Presiden Soeharto dan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang akan ditetapkan sebagai pahlawan. Saat penetapan gelar pahlawan tahun lalu, dua nama itu termasuk yang sering disebut. "Dilihat saja besok jumlahnya berapa. Nanti akan kita dengar bersama nama-namanya," elaknya.

Julian hanya menerangkan, penetapan pahlawan nasional tersebut melalui prosedur, seperti pengusulan dari masyarakat. Pembahasannya kemudian dilakukan oleh Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan yang diketuai oleh Menko Polhukam Djoko Suyanto. "Ada prosesnya untuk menetapkan gelar pahlawan," kata peraih doktor politik Hosei University, Tokyo, itu.

JAKARTA - Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional dalam peringatan Hari Pahlawan, 10 November. Hari ini,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News