Palapa Ring Beres, Main Gim Online Kini Bebas di Mana Saja

Palapa Ring Beres, Main Gim Online Kini Bebas di Mana Saja
Ilustrasi sedang bermain gim PUBG mobile. Foto: engadget

jpnn.com, JAKARTA - Infrastruktur jaringan tulang punggung telekomunikasi Palapa Ring yang dibangun oleh pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan meratakan akses internet ke seluruh wilayah dan berdampak positif bagi industri gim tanah air.

"Kita selesaikan Palapa Ring bulan lalu. Setelah selesai, kalian bisa main gim di mana pun kalian berada," kata Menkominfo Rudiantara saat membuka IDBYTE ESPORTS 2019 di Tangerang, Banten.

Mengutip data dari Newzoo, IDBYTE menyebut ada 43,7 juta pemain gim di Indonesia dan 55 persen di antara mereka bersedia mengeluarkan uang untuk bermain gim. Jumlah tersebut diperkirakan akan naik karena pegiat eSports di Indonesia tumbuh 38,2 persen per tahun.

Apalagi, eSports akan masuk cabang olahraga di Asian Games 2022 , Hangzhou, China.

Industri gim yang terus berkembang, menurut Rudiantara, memberi kesempatan bagi generasi muda Indonesia untuk berkarya misalnya menjadi pengembang gim.

Sementara itu, acara teknologi dua tahunan IDBYTE tahun ini membahas sektor e-Sports dengan tema "Gaming for Change". Acara yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD pada 13-14 September itu, diisi dengan konferensi dan turnamen gim.

Chairwoman IDBYTE ESPORTS 2019 Shinta Dhanuwardoyo berpendapat e-Sports merupakan industri yang berkelanjutan dan sedang tumbuh pesat sehingga berpotensi memberikan manfaat bagi perusahaan, masyarakat, maupun negara.

Infrastruktur jaringan tulang punggung telekomunikasi Palapa Ring yang dibangun pemerintah melalui Kemkominfo berdampak pada pemerataan akses internet ke seluruh wilayah, termasuk industri gim.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News