Pamerkan Keindahan Budaya Minang

Pamerkan Keindahan Budaya Minang
Keindahan Kelok 9 menjadi inspirasi membuat busana yang dipamerkan dalam ajang Minangkabau Fashion Heritage di Surabaya. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Warga Surabaya yang ingin mendapat informasi tentang wisata dan budaya Minangkabau tak perlu jauh-jauh terbang ke Sumatera Barat. Pasalnya kemarin (30/9) dihelat acara Minangkabau Fashion Heritage. Total ada 15 kabupaten atau kota di Sumatera Barat yang turut berpartisipasi. Setiap wilayah itu diwajibkan menampilkan kesenian asli daerahnya. Selain itu, mereka menampilkan busana karya desainer dari wilayah tersebut.

Misalnya, yang ditampilkan Kabupaten Pesisir Selatan. Kawasan itu menampilkan busana dengan kombinasi motif batik khas daerah tersebut. Yakni, batik loempo. Warna yang dipilih sesuai dengan kondisi geografis daerahnya. ''Warna yang didominasi juga warna hijau dan cokelat yang menggambarkan alam di Pesisir Selatan,'' jelas sang desainer Novia Hertini.

Tidak kalah menarik adalah busana karya Fabiel Cha. Dia mengusung tema The Beauty of Kelok 9. Fabiel mengatakan, konsep itu muncul dari salah satu destinasi yang cukup terkenal di kotanya. Yakni, Jalan Kelok 9. ''Setiap orang yang ke Kabupaten Lima Puluh Kota harus lewat Kelok 9. Daerah itu punya pemandangan yang indah,'' ungkapnya.

Selain karya dalam bentuk busana. Tampilan lain di bidang kesenian disuguhkan para peserta. Mulai tari-tarian, lagu khas daerah, hingga pencak silat. Semua ditampilkan untuk mengenalkan budaya Sumatera Barat kepada masyarakat Jawa Timur. ''Supaya budaya di daerah kami dikenal lebih luas,'' ujar Ketua Dekranasda Sumbar Nevi Irwan Prayitno. (din/c15/ady)

Tidak kalah menarik adalah busana karya Fabiel Cha. Dia mengusung tema The Beauty of Kelok 9


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News