PAN Masuk Gerbong Pendukung Jokowi, 3 Kadernya Layak jadi Menteri

PAN Masuk Gerbong Pendukung Jokowi, 3 Kadernya Layak jadi Menteri
Para ketua umum (ketum) partai politik koalisi pemerintah bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (25/8). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritongamengatakan, Presiden Jokowi perlu melakukan reshuffle kabinet setelah Partai Amanat Nasional (PAN) masuk dalam gerbong parpol pendukung pemerintah.

Menurut Jamiludin, PAN termasuk partai yang memiliki banyak kader berkualitas. Karena itu, beberapa kader PAN layak menjadi menteri. 

"Mengingat saat ini kabinet Jokowi lemah di bidang ekonomi, maka kader PAN tampaknya bisa mengisinya," kata Jamiluddin kepada JPNN.com, Kamis (26/8)

Dia menyebutkan ada 3 nama tokoh PAN yang layak untuk mengisi posisi menteri bidang ekonomi.

"Ada Hatta Rajasa, Didik Rachbini, dan Dradjat Wibowo. Mereka ini sangat mumpuni di bidang ekonomi," lanjutnya. 

Khusus Hatta Rajasa, jelas Jamiluddin, dia  sudah pernah menjadi menteri di era Susilo Bambang Yudhoyono dan memiliki prestasi yang cukup baik. 

"Karena itu, Hatta Rajasa dapat menjadi tim yang kuat bersama menteri keuangan saat ini," jelasnya. 

Mantan Dekan FIKOM ISIP Jakarta itu menyatakan, Presiden Jokowi dapat memilih antara ketiga nama tersebut sesuai kebutuhan, agar Indonesia dapat keluar dari permasalahan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19. 

PAN sudah masuk gerbong koalisi pendukung Jokowi, Jamiluddin Ritonga menilai banyak kader PAN layak menjadi menteri.