PAN Tawarkan Konfederasi Partai Tengah

Nasional Demokrat Aspresiasi Wacana Konfederasi Parpol

PAN Tawarkan Konfederasi Partai Tengah
PAN Tawarkan Konfederasi Partai Tengah
JAKARTA - Wujud konsep konfederasi parpol yang ditawarkan PAN semakin jelas. Platform bersama yang akan diusung untuk memayungi konfederasi itu juga sudah mulai digodok dengan serius. Karakternya bersifat lintas ideologi.

"Semangatnya ini semacam keluarga besar Indonesia dengan keragaman  Jadi, (konfederasi, Red) partai-partai tengah. Tapi, ini masih terus dirumuskan," kata Wakil Ketua Komisi II DPR dari FPAN Teguh Juwarno kemarin (11/7).

Dia mencontohkan Aliansi Barisan Nasional di Malaysia yang dibentuk pada 1973 oleh 13 partai politik. "Mereka itu berangkat dari ideologi yang berbeda," kata Teguh. Misalnya, United Malaysia National Organization (UMNO), Malaysian Chinese Association (MCA), dan Malaysian Indian Congress (MIC). "Tapi, mereka merumuskan platform bersama, yakni nasionalisme, moralis, dan ekonomi konservatif. Ya, semacam partai kanan," jelasnya.

Teguh menegaskan, PAN tak gentar walau sejumlah parpol besar, seperti Golkar dan Demokrat, memberikan respons negatif. "Kalau perlu, kami deadlock atau walk out saat paripurna. Artinya, gagasan untuk memperbaiki sistem demokrasi ditolak parpol besar," katanya.

JAKARTA - Wujud konsep konfederasi parpol yang ditawarkan PAN semakin jelas. Platform bersama yang akan diusung untuk memayungi konfederasi itu juga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News