Panca Wijaya Dorong Milenial Cinta Pertanian lewat 'Petani Muda Ogan Ilir Bangkit'

Panca Wijaya Dorong Milenial Cinta Pertanian lewat 'Petani Muda Ogan Ilir Bangkit'
Launching Petani Muda Ogan Ilir Bangkit 2022, Senin (5/12). Foto: Source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar terus mendorong minat generasi muda atau milenial untuk mencintai sektor pertanian.

Salah satunya dilakukan lewat program unggulan daerah di bidang pertanian yaitu “Petani Muda Ogan Ilir Bangkit” yang diluncurkan di Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Senin (5/12/2022).

Tahun ini 'Petani Muda Ogan Ilir Bangkit' mengusung tema Menjadi Agrotechnopreneur, Bertalenta digital, dan Berbasis Kearifan Lokal.

"Kami ingin meningkatkan minat dan kompetensi generasi muda di bidang pertanian di Kabupaten Ogan Ilir. Program unggulan ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bersama gerakan Aku Petani Indonesia," beber Panca Wijaya dalam keterangan resminya, Senin.

Program Petani Muda Ogan Ilir Bangkit merupakan lanjutan dari rangkaian kegiatan identifikasi minat dan penjaringan petani muda di semua desa yang tersebar di 16 Kecamatan.

Panca menjelaskan penjaringan yang dilakukan di setiap desa, dan berhasil menemukan 400 praktisi pertanian muda yang memiliki semangat besar dalam mendukung visi bupati untuk memajukan sektor pertanian di Kabupaten Ogan Ilir.

"Kegiatan ini merupakan wujud mempersiapkan petani muda yang memiliki standar kompentensi dengan dukungan kurikulum yang disusun oleh Aku Petani Indonesia," ujar Panca.

Adapun kurikulum yang diberikan secara intensif menyangkut topik mengenai budidaya pertanian berkelanjutan, teknologi mesin pascapanen, entrepreneurship, leadership, desain dan branding produk-produk pertanian.

Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar terus mendorong minat generasi muda atau milenial untuk mencintai sektor pertanian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News