Pandemi Corona, Operasional Tol Laut Tetap Jalan

Pandemi Corona, Operasional Tol Laut Tetap Jalan
Kapal-kapal tol laut dan perintis yang disiapkan oleh Ditjen Perhubungan Laut. Foto dok humas

jpnn.com, JAKARTA - Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) R Agus H Purnomo menuturkan operasional tol laut tidak akan dihentikan meski di kala pandemi.

Pihaknya juga berencana menyesuaikan rute-rute Tol Laut untuk mendongkrak tingkat keterisian kapal. Pasalnya, selama ini muatan balik yang kosong masih menjadi kendala dalam operasional Tol Laut.

Hal itu disampaikan Agus dalam diskusi virtual dengan Forwahub, Selasa (15/9).

“Program tol laut, kapal perintis, kapal ternak akan terus kami jalankan. Kami paksa supaya tetap terus berjalan baik. Kami tetap berjalan di seluruh Indonesia, jalur-jalurnya manapun kami lakukan penugasan dan tetap berjalan," kata Agus.

Agus juga mendorong supaya industri lainnya juga bergerak supaya perekonomian kembali pulih lewat tol laut.

“Sekarang kami harus dorong industri supaya tetap bisa melakukan kegiatan dengan baik, dari perikanan dan pertanian juga, supaya nanti kapal yang terutama di daerah 3T, bisa muatan baliknya ada. Kami memanfaatkan berbagai usaha. Sekarang ya mulai tumbuh tapi belum terlalu signfikan," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Ditjen Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi menambahkan pihaknya akan lebih intensif berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan hingga Badan Pusat Statistik untuk membantu dan mendapat gambaran arus pusat logistik yang tepat.

"Kami sudah ke Kementan untuk urusan ternak ini. Lebih banyak kami kolaborasi supaya kapan ada waktu tepatnya angkutannya selalu menyesuaikan sehingga kapal tidak kosong," tandas Antoni.(chi/jpnn)

Kemenhub juga berencana menyesuaikan rute-rute Tol Laut untuk mendongkrak tingkat keterisian kapal selama pandemi corona.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News